Maestrodua
Alon alon Weton Kelakon

Pages

Clifford Geertz

17 September 2015


092015



...Thus every living and healthy religion has a marked idiosyncrasy.

Mungkin sudah tidak asing lagi nama yang satu ini yaitu Clifford Geertz seorang ahli antropologi asal Amerika Serikat yang dikenal dari penelitian penelitiannya mengenai Indonesia dan Maroko dalam bidang seperti agama (khususnya Islam), perkembangan ekonomi, struktur politik tradisional, serta kehidupan desa dan keluarga. Terkait kebudayaan Jawa, ia mempopulerkan istilah priyayi saat melakukan penelitian tentang masyarakat Jawa pada tahun 1960-an, dan mengelompokkan masyarakat Jawa ke dalam tiga golongan: priyayi, santri dan abangan.

Clifford Geertz lahir di san fransisco tanggal 23 agustus 1926. Pada tahun 1950, ia memperoleh gelar B.A. (Bachelor of Arts) Sarjana Muda dalam bidang filsafat di universitas Antioch Collage Ohio.

Selanjutnya dia melanjutkan melanjutkan study dalam bidang antropolog di Harvard University. Geertz melakukan penelitian untuk disertasinya di wilayah Jawa selama 2 tahun ditemani isterinya Hildred yang juga seorang peneliti, dia meneliti Mojokuto tahun 1952-1954.

 Geertz menyamarkan Pare dengan nama "Mojokuto". Di Pare, antropolog ini sering berdiskusi dan berkonsultasi dengan Kyai Yazid ibnu Thohir yang merupakan perintis adanya Kampung Inggris, yang juga merupakan salah satu narasumber yang membantu antropolog tersebut dalam menyelesaikan bukunya.

 Pare termasuk kota lama. Ini terbukti dari keberadaan dua candi tidak jauh dari pusat kota, yakni Candi Surawana dan Candi Tegowangi, serta keberadaan patung "Budo" yang berada tepat di pusat kota. 

Sekembalinya dari penelitiannya dia memperoleh gelar doktor dibidang antropologi di Universitas Harvard pada tahun 1956. 

Riset selanjutnya dilakukan di Bali dan di komunitas Muslim di maroko pada tahun 1958. Geertz menjadi Guru Besar pada Advanced Study di Pricenton, New Jersey tahun 1970-2000. Dan menjadi satu satunnya ilmuwan antropologi yang bergelar Profesor. 
 
Dan pada tahun 2006 Geertz meninggal dalam usia 80 tahun dan meninggalkan banyak karya yang menjadi rujukan sampai saat ini dari kalangan antropolog maupun humaniora.

Karya-karyanya antara lain ;
 "Religion as a Cultural System". In Anthropological Approaches to the Study of Religion. Tavistock Publications. 1966
 Agricultural Involution: the process of ecological change in Indonesia (1964)
  Islam Observed, Religious Development in Morocco and Indonesia (1968)
DLL...

Sumber :
Geertz Religion as a Cultural
Vita Fitria Interpretasi Budaya Clifford Geertz; Agama sebagai Sistem Budaya
https://id.wikipedia.org/wiki/Clifford_Geertz
http://www.biography.com/people/clifford-geertz-9308224
Clifford Geertz, The Religion of java, (Glencoe II: The Free Press, 1960).
Clifford Geertz, The Interpretation of Cultures, (New York; Basic Group, 1973

No comments:

Powered by Blogger.
 

Blogger news

Most Reading