Maestrodua
Alon alon Weton Kelakon

Pages

Mengenal Sedikit Tentang Teori Kuantum

15 September 2015


092015


Kata quantum semua orang sudah tahu yang artinya jumlah/quantity. Teori quantum mencakup jumlah tanpa batas. Misalnya Dalam ilmu matematika kita mengenal perhitungan tanpa batas, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dll ujung2nya semua tanpa batas.


Dalam ilmu filsafat : teori quantum berlaku pada kemampuan imajinasi manusia. Yang tidak terbatas dalam ilmu filsafat ialah “ kebodohan “ yaitu yang tidak diketahui manusia , jumlahnya /quantitinya tanpa batas .


Teori kuantum pertama digagas max planx Hasil karya pertama Planck adalah penemuannya dalam hal formula aljabar yang rumit, namun dengan tepat menggambarkan radiasi kuantitas gelap. 
Formula ini kerap digunakan dalam teori fisika sekarang dengan rapi meringkas data-data percobaan.

 Tetapi, ada satu masalah, yakni hukum fisika yang sudah diterima meramalkan adanya suatu formula yang sama sekali berbeda. dan dikembangkan oleh Erwin Schrödinger  dan Werner  heisnberg , dan teori relativitas yang dikembangkan oleh Albert Einsten pada permulaan abad keduapuluh dapat dipandang sebagai teori yang sangat revolusioner.


Teori kuantum dikembangkan setelah mengamati  bahwa benda mikroskopik seperti atom dan molekul mempunyai prilaku yang sangat berbeda dari molekul lainnya.


Teori kuantum adalah tentang sifat materi

Berbeda dengan Relativitas Einstein, yang tentang hal-hal terbesar di alam semesta, teori kuantum berurusan dengan hal-hal terkecil yang kita ketahui, partikel yang terbuat dari atom-atom, yang kita sebut "subatomik" partikel. 
Berbeda dengan Relativitas, teori kuantum bukanlah pekerjaan satu orang, tetapi usaha kolaborasi dari beberapa fisikawan paling cemerlang abad ke-20, di antara mereka Niels Bohr, Erwin Schrödinger, Wolfgang Pauli, dan Max Born. Dua nama jelas menonjol: Max Planck (1858-1947) dan Werner Heisenberg (1901-1976). 
Planck diakui sebagai pencetus teori kuantum, sementara Heisenberg merumuskan salah satu hukum paling terkemuka dari teori kuantum, Prinsip Ketidakpastian, yang kadang-kadang juga disebut sebagai prinsip ketidakpastian.

Teori kuantum bersifat non-deterministik. Probabilitas masuk lewat postulat (meminta/menuntut)

Dan melibatkan pengamat.


Sumber:

http://sebuahtheory.blogspot.co.id/2011/05/teori-quantum.html
http://www.sejarah-negara.com/2014/10/max-planck-sang-penemu-teori-kuantum.html
Prof. P. Silaban, Ph.D Umur Alam Semesta (The Age of Universe)
Arief Hermanto Perbandingan Teori Relativitas dan Teori Kuantum: Relevansinya dengan pengajaran S1 Fisika
http://www.kompasiana.com/madeteling/teori-quantum_552e30476ea83433188b4639

No comments:

Powered by Blogger.
 

Blogger news

Most Reading