Maestrodua
Alon alon Weton Kelakon

Pages

Cara Mengatasi Kesulitan Membaca Cepat

7 April 2015






 Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah-masalah dalam membaca cepat.

  •  Miliki Kosakata yang Banyak  
            Jika saat iini Anda masih memiliki kosakata yang terbatas, ada cara-cara yang bisa ditempuh untuk mengatasinya, yaitu dengan menyiapkan catatan kata-kata baru yang belum Anda ketahui. Setelah itu, carilah artinya di dalam kamus. perbendaharaan kata yang banyak sangat membantu dalam memahami suatu bacaan.
  • Sikap Tubuh 
          Membaca cepat memang memerlukan konsentrasi yang tinggi. Tidak jarang pembaca justru berada dalam posisi tegang. Kondisi yang seperti ini justru menjadi penghambat. Untuk itu, ambilah posisi santai saat membaca.
  • Membaca Sepintas Lalu
          Dengan membaca sepintas lalu, anda bisa mengantisipasi hal-hal yang mungkin akan terjadi.
  • Konsentrasi
           Konsentrasi yang penuh menghindarkan Anda dari melamun atau pikiran yang melayang-layang. Kesulitan dalam berkonsentrasi menunjukkan kecepatan membaca yang rendah. Untuk itu, usahakan agar selalu berkonsentrasi ketika membaca cepat.
  • Retensi (mengingat kembali informasi dalam bacaan)
           Mengingat kembali informasi yang baru saja Anda baca bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan, diskusi, maupun menulis kembali informasi yang sudah diterima.
  • Tujuan yang Jelas
           Dengan menentukan tujuan dari membaca, anda akan mengetahui apakah bacaan tersebut sesuai dengan kebutuhan  Anda atau seperti yang Anda inginkan.
  • Motivasi
           Motivasi yang jelas dalam membaca akan mempengaruhi tingkat pemahaman bacaan. Jika Anda sudah memiliki motivasi yang jelas dalam membaca suatu bacaan, Anda akan lebih mudah menyerap informasi dalam bacaan tersebut. Untuk itu, tumbuhkanlah motivasi untuk membaca

    Dari uraian di atas menjadi semakin jelas bahwa membaca cepat itu sangat penting karena kita dapat memperoleh informasi dengan cepat tanpa menghabiskan banyak waktu, kendala membaca cepat mungkin terjadi dan memerlukan banyak latihan agar kita memperoleh hasil yang maksimal dan untuk artikel selanjutnya akan membahas Penyebab Kesulitan dalam Membaca Cepat.

No comments:

Powered by Blogger.
 

Blogger news

Most Reading